ARTIKEL LAINNYA :

Home » , , » PETA KE SAWARNA(RUTE)

PETA KE SAWARNA(RUTE)

Written By gadget dan electro on Wednesday 19 February 2014 | 22:06:00

PETA KE SAWARNA

Lokasi sawarna sawarna terletak di -6.988537,106.31032.

Jika mau ke sawarna terdapat 2 (dua) rute.

Asumsikan saya bertempat tinggal di jakarta, maka jalur yang dapat di lalui adalah:





1.   Jalur Bogor - Pelabuhanratu - Sawarna 

o    Jika menggunakan angkutan umum. Angkutan pertama yang harus saya tumpangi adalah bis dengan tujuan bogor (Ciawi :alternatif), (kisaran ongkos kurang dari Rp. 15.000,-) bis tersedia 24 jam, kemudian dari bogor sambung dengan naik bis jurusan pelabuhanratu (Ongkos sekitar Rp. 23.000) bis biasanya tersedia sampai jam 9 malam. Dari pelabuhanratu naik mini bus (ELF) jurusan Bayah/Cikotok/Binuangeun kemudian turun di Simpang Ciawi (Gunung Batu) nahh itu sudahh dekat, dari situ tidak ada angkutan lain kecuali Ojek, naik ojek dengan tujuan sawarna (saya yakin semua tukan ojek disitu tau sawarna) dengan kisaran ongkos sekitar Rp. 25.000,- atau jika beruntung dari pelabuhan ratu ada ELF dengan jurusan Bayah tapi melalui sawarna, sampai saat ini hanya 1 ELF yang melalui jalur sawarna tersebut, dan ELF tersebut dari pelabuhan ratu sekitar jam 1 siang.

o    Jika menggunakan kendaraan pribadi (Motor/Mobil). Asumsikan sudah berada di bogor selanjutnya ambil jalur menuju sukabumi, nahh sebelum sampai cibadak disitu terdapat pertigaan jalur alternatif menuju pelabuhan ratu yaitu melalui Cikidang. dari cikidang tersebut bisa langsung ke pelabuhan ratu, dan dari pelabuhan ratu menuju bayah, sama seperti yang saya sebutkan di atas setelah sampai di Gunung batu (Simpang Ciawi) terus belok kiri menuju arah sawarna, tidak usah takut nyasar karena jalur tersebut hanya satu jalur, terus ikuti sampai ketemu sawarna.

2.   Jalur Serang - Pandeglang - Bayah - Sawarna.

    • Jika menggunakan angkutan umum. Melalui jalur ini, cukup panjang dan cuku memakan banyak waktu, dari jakarta naik jurusan ke serang (ongkos sekitar Rp. 22.000) dari terminal serang jika masih ada bis (DAMRI) bisa langsung ke bayah (ongkos sekitar Rp. 30.000) dari bayah bisa langsung naik ojek ke sawarna dengan ongkos sekitar Rp. 25.000. nahhh jika sudah tidak ada bis tersebut, anda bisa naik ELF dengan jurusan Malingping (ongkos sekitar Rp. 30.000) dari malingping bisa naik angkot ke bayah atau naik elf lagi dengan jurusan cikotok kemudian turun di bayah (di terminal bayah). Dari bayah bisa naik ojek ke sawarna. (saya lebih menyarankan naik ojek dari bayah karena angkutan untuk ke sawarna hanya ada efl dengan jurusan pelabuhanratu tapi harus turun sebelum Pulo manuk (cibayawak namanya) letaknya setelah pantai karang taraje.
    • Jika menggunakan kendaraan Pribadi. Asumsikan sudah berada di serang (jalur jakarta serang saya anggap semua sudah tau), dengan kendaraan pribadi terdapat 2 jalur. 
      • Jalur rangkas - gunung kencana - malingping - bayah - sawarna. Dari serang ambil jalur melalui cipocok, lurus terus menuju ke arah Kecamatan PETIR, terus ikuti jalur tersebut sampai menemukan kecamatan warunggunung, dari situ belok kiri menuju arah Gunung Kencana, ikuti sampai arah malingping, perjalanan dari serang menuju malingping melalui gunung kencana bisa memakan waktu sampai 3 jam dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam. dari malingping tinggal lurus menuju bayah (sekitar 45 menit) dari bayah ambil jalur menuju pelabuhan ratu, ingat yang jadi patokan adalah pantai karang Taraje, sekitar 2 km dari pantai karang taraje terdapat pertigaan ke kanan sebelum tanjakan, dari situ belok kiri sekitar 3,5 km anda sudah sampai sawarna.
      •  Jalur Serang - Pandeglang - Saketi - Malingping. Dari serang menuuju arah pandeglang, melalui pusat kota pandeglang terus ikut menujuu arah saketi, dari saketi menuju malingping, dari malingping bisa ambil jalur menuju bayah (sama seperti diatas). cuma yang harus diingat jarak ini bisa memakan waktu 2 kali lipat dibanding jalur gunung kencana diatas



ARTIKEL LAINNYA :
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

komentar facebook